Pages

18.12.12

Repulsion-start Induction-run Motor



Dari nama jenis motor ini jelas bahwa motor jenis repulse ini pada saat awal memakai prinsip repulse sedangkan ketika mencapai 75% dari kecepatan penuh, Alat yang disebut penghubung singkat sentrifugal menghubungsingkatkan komutator dengan demikian motor ini bekerja dengan induksi sebagaimana kerja motor rotor sangkar (squirrel-cage). Setelah komutator terhubung singkat, sikat tidak lagi membawa arus, dengan demikian sikat dapat diangkat dari komutator untuk mencegah rugi gesekan.


Berdasarkan desainnya, motor repulsion-start dibagi menjadi 2 jenis: 
Brush-lifting, sikat secara otomatis diangkat dari komutator setelah komutator dihubungsingkatkan. Jadi desain jenis ini hanya memakai fungsi sikat pada saat awal bekerja motor sebagai epulse. Pada umumnya motor ini memiliki komutator berbentuk radial dan dibuat dalam ukuran kecil dan besar.

Brush-riding, sikat akan terus terpasang pada komutator. Jadi desain jenis ini akan terus memakai sikat pada komutator walaupun komutator telah dihubungsingkatkan. Motor jenis ini menggunakan bentuk komutator axial dan selalu dibuat dalam ukuran kecil.

Motor jenis Repulsion-start Induction-run Motor dapat diaplikasikan untuk:
1.       Kompresor
2.       Hoist
3.       Pompa
4.       Machine tools
5.       Floor-polishing


Herman, Stephen L. (2009) fourth edition Delmar’s Standard Textbook of electricity. Canada: Delmar Cencage Learning.
Theraja B.L, dan Theraja A.K. (1984) A Textbook of Electrical Technology Volume II: AC & DC Machine. New Delhi: Nirja construction and developmeny

No comments:

Post a Comment