Pages

18.12.12

PRINSIP KERJA MOTOR REPULSI

Walaupun motor repulsi tidak bekerja dengan prinsip medan putar, motor ini bekerja dengan cara induksi. Ketika sumber AC dihubungkan pada kumparan medan (stator), maka akan terbangkit kutub pada kumparan medan, yaitu kutub Utara yang dinotasikan dengan N terletak diatas dan kutub Selatan yang dinotasikan dengan S terletak dibawah. Hal ini mengakibatkan induksi tegangan (e.m.f) pada kumparan jangkar (rotor) seperti yang terjadi pada transformer. Arah dari tegangan (e.m.f) yang terinduksi dapat diketahui dengan hukum Lenz. Namun arah dari arus yang terinduksi pada jangkar akan tergantung pada posisi dari sikat yang dihubungsingkatkan. 

Ketika sikat ditempatkan dalam posisi tepat, arus mengalir melalui kumparan jangkar, dan menghasilkan polaritas yang sama dengan kumparan medan pada kumparan jangkar (rotor). Medan magnet pada jangkar ditolak oleh medan magnet yang terbangkit pada kumparan medan dengan tolak-menolak demikian jangkar (rotor) berputar. Dengan gaya tolak-menolak seperti ini motor cenderung disebut motor repulsi.
Motor repulsi terdiri dari jumlah sikat yang sama dengan jumlah kutub stator. Motor repulsi biasanya terdiri dari empat, enam, atau delapan kutub.

Posisi Sikat (Brush)
Posisi sikat sangat penting. Torsi maksimum terbangkit ketika sikat ditempatkan sekitar 15o. Variasi nilai torsi terhadap pergeseran derajat sikat pada motor  dapat dilihat pada gambar.

Arah putaran motor repulse juga ditentukan arah pergeseran awal dari sikat. Apabila menempatkan sikat pada posisi searah jarum jam maka motor akan berputar searah jarum jam, begitupun sebaliknya apabila ditempatkan berlawanan arah jarum jam maka motor akan berputar berlawanan arah jarum jam.


Kerugian Motor Repulsi
1.       Terjadi percikan pada sikat
2.     Komutator dan sikat akan cepat habis sehubungan dengan gesekan dan panas yang tejadi.
3.       Factor daya yang kecil pada kecepatan rendah. Dalam keadaan tanpa beban kecepatan motor sangat tinggi dan berbahaya.


Aplikasi Motor Repulsi
Karena starting dan percepatan yang sangat baik, motor epulse sangat ideal untuk:
1.       Value Operators
2.       Farm Motor Applications
3.       Hoists
4.       Floor Maintenance Machines
5.       Air Compressors
6.       Laundry Equipment
       7.       Mining Equipment

Herman, Stephen L. (2009) fourth edition Delmar’s Standard Textbook of electricity. Canada: Delmar Cencage Learning.
Theraja B.L, dan Theraja A.K. (1984) A Textbook of Electrical Technology Volume II: AC & DC Machine. New Delhi: Nirja construction and developmeny

No comments:

Post a Comment