Pages

18.12.12

Repulsion Induction Motor



Dari semua motor jenis repulsi, jenis repulsion induction motor adalah yang paling sering dipakai, karena memiliki karakteristik yang paling baik diantara semua motor jenis repulsi. Motor ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi yang pembebanannya menggunakan kopling atau puli.
Motor ini merupakan kombinasi dari motor repulsi dan motor induksi dan kadang mengacu sebagai motor repulsi rotor sangkar (squirrel-cage repulsion motor). Motor ini memiliki karakteristik motor repulsi dan karakteristik kecepatan konstan seperti yang ada pada motor induksi.
Motor ini memiliki kumparan stator seperti kumparan stator pada motor jenis repulsi lainnya. Namun ada 2 kumparan independen terpisah pada jangkar (rotor):
1.       Kumparan rotor sangkar
2.       Kumparan komutator yang sama seperti jangkar pada motor DC
Kedua kumparan ini berfungsi selama keseluruhan periode beroperasinya motor. Motor ini mempunyai pengaturan kecepatan yang sangat baik ketika tanpa beban dan full beban. Motor ini juga karakteristik bekerjanya sama dengan motor compound DC. Symbol rangkaian terdapat pada gambar.


Beberapa alat yang menggunakan motor repulse induksi yaitu:
1.       Petrol pumps
2.       Compressors
3.       Refrigerators
4.       Mixing machines
5.       Lifts and Hoists


 karakteristik torsi terhadap kecepatan pada motor jenis repulse


Pada motor repulsi nilai torsi tidak berbanding lurus dengan kecepatan motor, ketika starting motor repulsi memiliki kecepatan putaran motor rendah sedangkan torsi yang dihasilkan tinggi. Sedangkan pada motor repulsion-start induction-run, titik X pada gambar diatas adalah saat ketika saklar sentrifugal dihubungsingkatkan sehingga grafik torsi terhadap kecepatan akan seperti gambar kedua ketika batas mencapai batas full load namun tetap beban terus ditambah maka motor akan berhenti berputar.


Herman, Stephen L. (2009) fourth edition Delmar’s Standard Textbook of electricity. Canada: Delmar Cencage Learning.
Theraja B.L, dan Theraja A.K. (1984) A Textbook of Electrical Technology Volume II: AC & DC Machine. New Delhi: Nirja construction and developmeny
 

No comments:

Post a Comment