Pages

18.12.12

Pengenalan Motor 1 Fasa Jenis Repulsi

Motor Repulsi adalah salah satu jenis motor listrik satu fasa. Konstruksi motor repulsi hampir sama dengan motor DC (Direct Current). Bekerja motor ini adalah dengan adanya tolak-menolak yang terjadi antara kumparan medan dan rotor (jangkar), tidak seperti motor tiga fasa yang bekerja karena adanya medan putar. Motor jenis repulsi terbagi menjadi empat yaitu:

1. Motor Repulsi, terdri dari: kumparan stator, rotor, komutator, sikat

2. Compensated Repulsion Motor, Sangat identik dengan motor repulsi dalam semua aspek, kecuali terdapat tambahan kumparan stator yang disebut kumparan compensating. Kemudian terdapat dua sikat yang terpasang. Kumparan compensating dipasang seri dengan salah satu sikat.

3. Repulsion-Start Induction-Run. Motor ini bekerja pada saat start awal sebagai motor repulsi, namun ketika setelah normal berjalan motor ini bekerja sebagai motor induksi. Motor tipe repulsion-start induction-run ini terdiri dari: kumparan stator, rotor, komutator, sentrifugal mekanis

4. Repulsion Induction Motor. Bekerja pada kombinasi repulsi dan induksi motor. Terdiri dari: kumparan stator, dua buah rotor (satu jenis squirrel cage dan yang lainnya rotor biasa), dua buah sikat yang dihubungsingkatkan


Motor repulsi memiliki karakteristik yang baik, namun membutuhkan banyak biaya dan membutuhkan perhatian dan perawatan lebih daripada motor satu fasa lainnya.

Herman, Stephen L. (2009) fourth edition Delmar’s Standard Textbook of electricity. Canada: Delmar Cencage Learning.
Theraja B.L, dan Theraja A.K. (1984) A Textbook of Electrical Technology Volume II: AC & DC Machine. New Delhi: Nirja construction and developmeny
 

No comments:

Post a Comment