Motor Repulsi adalah salah satu jenis motor listrik satu fasa.
Konstruksi motor repulsi hampir sama dengan motor DC (Direct Current). Bekerja motor ini adalah dengan adanya tolak-menolak
yang terjadi antara kumparan medan dan rotor (jangkar), tidak seperti motor
tiga fasa yang bekerja karena adanya medan putar. Motor jenis repulsi terbagi
menjadi empat yaitu:
1. Motor
Repulsi, terdri dari: kumparan stator, rotor, komutator, sikat
2. Compensated
Repulsion Motor, Sangat identik dengan motor repulsi dalam semua aspek, kecuali terdapat
tambahan kumparan stator yang disebut kumparan compensating. Kemudian terdapat
dua sikat yang terpasang. Kumparan compensating dipasang seri dengan salah satu
sikat.
3. Repulsion-Start
Induction-Run. Motor ini bekerja pada saat start awal sebagai motor repulsi, namun ketika
setelah normal berjalan motor ini bekerja sebagai motor induksi. Motor tipe
repulsion-start induction-run ini terdiri dari: kumparan stator, rotor, komutator, sentrifugal mekanis
4. Repulsion
Induction Motor. Bekerja pada kombinasi repulsi dan induksi motor. Terdiri dari: kumparan stator, dua buah rotor (satu jenis squirrel cage dan yang lainnya rotor biasa), dua buah sikat yang dihubungsingkatkan
Motor repulsi memiliki karakteristik yang baik, namun membutuhkan banyak
biaya dan membutuhkan perhatian dan perawatan lebih daripada motor satu fasa
lainnya.
Herman, Stephen L. (2009) fourth edition Delmar’s Standard
Textbook of electricity. Canada:
Delmar Cencage Learning.
Theraja B.L, dan Theraja A.K. (1984) A Textbook of Electrical
Technology Volume II: AC & DC Machine. New Delhi: Nirja construction
and developmeny
No comments:
Post a Comment